faidza'azzamta fatawakkal'alallah

“Fansboy = Anak Alay Fundamentalis Merk”


Slide1

(dapat info dari qwerty kalo nickname jaos dari gambar diatas palsu / terima kasih dan semoga kita lebih bisa hati2 :D)

“ketika independensi terbeli fanatisme buta, maka lahirlah makhluk-makhluk kerdil semacam fansboy. yang bangga pada label-label, tanpa tahu substansinya.”

Sebuah telaah kritis provokatif mengenai fenomena fansboy yang keterlaluan, sering saling hujat, nypam sembarangan. Yang bagi saya secara pribadi stigmanya adalah “fansboy=penyuka motor alay=fundamentalis merk=bar-bar perusuh”. Sekedar mencurahkan pikiran saya  dan mungkin juga mewakili atau menyuarakan pembaca sekalian ketika update info dilapak dari temen-temen bloger namun risih dan sebal dengan komen2 yang diktatoris, gak penting dan merusak pemandangan.

Fansboy, secara positif saya mengkiaskan pencinta motor yang loyal pada model, merk atau trend tertentu. Sah2 saja bagi saya, itu hak individu dan banyak manfaat yang didapet; silaturahim, share info, semangat persaudaraan. Semua itu, tentu masih dalam batas tataran legal dan norma2 yang berlaku.

Berbeda jika fansboy yang realitanya hanya menggambarkan fanatisme ; merk, model dst dan secara represif menerjang etika atau aturan2 yang menjadi consensus masyarakat (pembaca). Felling pertama yang muncul adalah stigma negative bagi kita yang secara sadar menilai hal tadi tidak pantas dilakukan. Mungkin secara prinsipil mereka puas dapat melakukan hal tadi, tapi bagi yang lainnya? Dalam hal ini pula saya ingin menyuarakan hal yang prinsipil mengenai etika, saling menghargai, semua nilai positif yang tentu pembaca mahfum. Saya dan pembaca yang budiman mungkin kasian dengan mereka (fansboy), cuap2 sampek berdarah-darah gak digaji, lapar gak dikasih makan, haus dibiarkan, nambah dosa, hina sekali mereka. Dan terlebih merendahkan harga diri demi sebuah eksistensi. Masyallah,

Slide2

Cinta bagi saya merupakan sebuah hal yang asasi, dibangun dari pemahaman, diwujudkan dalam loyalitas, dan dijaga oleh kesadaran; yang kebablasan berarti gak sadar aka cinta buta. Dyarrrr! Silahkan pembaca analogikan sendiri dengan fenomena fansboy.

Sedikit hemat saya dan mengimbau kepada pembaca secara umum, founding father kita telah memberi contoh kebhinekaan dengan semangat kebersamaan. Apalah arti sebuah merk jika kebersamaan itu lebih baik, apalagi kita hanya menjadi korban kesempitan pola pikir kita, diartikel sebelumnya telah saya jelaskan. Selanjutnya, Jika fansboy gak ada perubahan, lalu apa?

Pertama pemilik lapak atau blog harus lebih selektif soal approve komentar, hal ini yang secara formal dilakukan bang taufik dan iwb. Guna menghindari tanggapan selanjutnya,

Filosofis blog salah satunya sebagai media tukar informasi, bukan ajang perang komentar jadi komentator juga sadar etika.

Anggap aja anjing menggonggong kafilah berlalu, kebanyakan mereka hanya ingin cari perhatian, kalau kita apathis tentu juga mereka (fansboy dan provokator) bosen sendiri. Kita tunjukkan kelas kita sebagai pembaca yang lebih “sadar” dan tidak reaktif.

Kalo masih ngeyel, bareng2 kita komentar dan cap mereka sebagai bar-bar perusuh, fundamentalis merk, penyuka motor alay atau sesuai selera pembaca. Kuat2an,kita yang mewakili semangat kebaikan atau mereka yang segelintir oknum.

The choice is yours guys, menghindari perdebatan itu sebuah kebajikan, dan diam itu lebih bisa menyelamatkan. mari kita bangun kodusifitas, blog sebagai sarana edukasi dan pencerdasan. Kesempurnaan hanya milik ALLAH AWT, salam.

47 responses

  1. Becak

    itu komen si jaos diatas…..masyaallah…..scouzy bully ninka,ha..ha..ha..ha…ninjax lg brenti kali…ha..ha..ha..ha…ha…nvl ngalahin cbr 150 and cbr 250…ha..ha..ha..ha…dalam mimpix kali..ha..ha..ha…sampe pipis gue ktawa,apalagi komenx bysion ngalahin ketampanan ducati….org buta aja tau mana yg lbh ganteng…ha..ha..ha..ha..ha..

    19 Januari 2013 pukul 6:55 am

    • ciyus? :P

      19 Januari 2013 pukul 6:59 am

    • bukan jaos asli tuh bro !

      19 Januari 2013 pukul 8:57 am

      • parasit

        dari mana ente tau?

        jaos dan ente berarti satu dalang.

        21 Januari 2013 pukul 3:23 pm

    • mariodevan

      itu bukan jaos asli..

      http://mariodevan.wordpress.com/2013/01/20/press-conference-yamaha-jatim-optimis-new-vixion-dan-xeon-rc-lipat-gandakan-penjualan/

      20 Januari 2013 pukul 12:57 pm

  2. cius cius cius

    pingin liat kalo ktemu mreka

    19 Januari 2013 pukul 7:22 am

    • ehm, #nahan ketawa

      19 Januari 2013 pukul 7:39 am

  3. numpang ngakak mas hahahahahahahahaha :mrgreen:
    komen2nya tg di tampilkan lucu2 buangets
    salam kenal dari wong mojokerto

    19 Januari 2013 pukul 7:32 am

    • salam kenal, salam bikers indonesia :D

      19 Januari 2013 pukul 7:35 am

  4. Bro mau share nih:
    kalo gue emang demen rusuh n bikinmangkel fb, terutama fb yang suka kloning nickname n ngebajak gravatar orang.
    makanya avatar gue ganti kek gini n nickname ditambahin hansip, biar sekalian deh yang mau ngebajak lg silahkan!
    nah biar kadang gue munafik tapi gak suka main fitnah kek gerombolan tukang fitness, contohnya itu nickname jaos dikloning orang!
    sipp tulisannya nyentil bgt bro! :-D :-D
    trmasuk gue kena sentil!
    wkwk.

    http://oo00000oo.wordpress.com/2013/01/05/blogger-siluman-dan-komentator-tuyul/

    19 Januari 2013 pukul 8:41 am

    • hahaha, yang gue tunggu nongol. makasih klarifikasinya, hanya permasalahannya gak semua orang tau secra detail pembajakan nickname orang yang komentar, memang kuncinya kesadaran dari yang jail tadi dan itu seperti angin lalu, utopis.

      setiap orang punya cara sendiri menyampaikan pendapatnya, termasuk mengingatkan seseorang. prinsip dasar sosial adalah toleransi dan menghargai coba kita junjung tinggi hal tersebut. buat qwerty misal kita bisa ngambil cara yang lebih damai kenapa nambahin rame? sekedar mengingatkan, it’s ok. salam damai, salam bikers indonesia. :D

      19 Januari 2013 pukul 10:47 am

  5. @becak
    biar gak salah paham n menimbulkan fitnah, coba lht avatar anonymousnya itu bukan pnya jaos asli.
    dari dulu udh gak heran lagi lah kek begini, kalo ada fb / komentator bahkan blogger yg berseberangan dgn mereka, selalu dihujat / difitnah, cerita lama n basi itu…., main kloning nickname n gaya bahasa tulisan pun ditiru / dicopas !
    blogger kondang kek triatmono, tmc, iwb pun gak luput n sering dijiplak / diplesetkan nicknamenya, malah si pelaku sudah jelas main fitnah menjurus pembunuhan karakter.
    kalo cuma fb / komentator / konsumen biasa, masa sih sampe segitunya iseng, kebangetan bgt !

    http://oo00000oo.wordpress.com/2013/01/06/panggil-aku-si-mumun/

    19 Januari 2013 pukul 8:56 am

    • Becak

      eh betul bro,mata kurang awas liat gravatarx….maap buat jaos asli…

      19 Januari 2013 pukul 11:17 am

    • sekarang dah saya kasih note, biar gak timbul fitnah. terima kasih infonya :D

      19 Januari 2013 pukul 11:43 am

      • thx maz bro..

        ngemeng2 mslh fb / komentator di blog wp tentang otomotif r2, menurut gue msh batas ruang lingkupnya, kadang melebar tapi nggak jauh2 dari dunia otomotif r2, biar agak oot tapi msh lbh enak bakar2an ala fb yg msh dlm koridornya !
        (khusus pada blog wordpress otomotif roda dua).

        “yang lebih parah ternyata komentator di blog detik, disana apapun bahasannya spt sospol, musibah, bencana dll…., komentatornya bukan level tuyul alay lagi, tapi sdh pada level iblis.
        misalnya membahas mslh musibah / bencana banjir, komentatornya malah oot melebar bawa2 parpol n saling hujat…., bahkan presiden, menteri, gubernur dsb jadi sasaran cacimaki n sumpah serapah….!”

        jadi masih *mendingan kelakuan para fb tuyul alay / komentator blog wordpress otomotif r2…. (yaa sama2 nggak bagus juga sih). :-D :-D
        *yang gue maksud tidak termasuk tukang fitnah. :-D :-D
        ok maz bro !

        20 Januari 2013 pukul 5:51 am

        • mari kita buat perubahan, tunjukkan kelas kita. mulai dari sekarang, dari yang kecil, dari diri sendiri. :D

          20 Januari 2013 pukul 6:56 am

  6. Pelurus

    Menurut gw, fanboy2 itu melakukan debat gokil just having fun saja, tidak ada kepentingan pribadi (baik materi maupun imateri), lucu saja kita sebagai orang2 serius kok terpengaruh tingkah polah gokil mereka apalagi sampe bikin artikel khusus seperti ini hanya utk berburuk sangka & ngata2in serta mencela org lain, apa bedanya penulis dgn mrk?
    Yg terbaik adalah memang “DIAM” & hanya ambil yg memang hal2 baik saja dr perdebatan gokil mrk, just it & no more else.

    19 Januari 2013 pukul 9:40 am

    • oke, bisa juga bro, kemungkinan selalu ada. namun pertanyaannya adalah “debat gokil just having fun” mana yang gak ada kepentingan? kalo gak ada kepentinga ngapain debat? yang dicari apa? kurang kerjaan. kalo sekedar guyon saya pikir ada pakem etis yang harus dipakai, tidak seperti yang saya sebut sebagai bar-bar perusuh.

      terkait artikel ini, diatas mungkin anda kelewat baca.
      pertama selain pribadi, saya juga mewakili temen2 reader yang se-felling dengan saya namun belum bisa menyuarakan.

      kedua, “apalagi sampe bikin artikel khusus seperti ini hanya utk berburuk sangka & ngata2in serta mencela org lain, apa bedanya penulis dgn mrk?” hahaha terimakasih, koq jadi anda yang serius nanggepinya? saya mencoba menempatkan masalah ini secara proporsional dengan memberikan perimbangan dua perspektif fanboy; fanboy yang secara kias positif dan yang khusus bikin rusuh dilapak orang. jadi tidak ada istilah berburuk sangka atau mencela orang, karena dari perimbangan tadi yang saya kritik adalah polah dari fanboy “bukan” secara suyektif orangnya (lah yo belum tau). mengenai gambar, itu sekedar sampel sebagai gambaran dari ulah yang saya maksud.

      “apa bedanya penulis dgn mrk?” bagi saya jelas beda, kritik ini bagi saya sebagai bentuk pengingatan dan teguran kepada para fansboy untuk lebih memperbaiki etika berdiskusi dengan orang lain. saya mengambil sisi negatif dari yang fansboy lakukan sebagai pelajaran bagi kita yang mengaku “dewasa” atau “cerdas” agar secara bersama-sama untuk membangun iklim yang lebih kondusif, mengurangi komentar2 yang anda sendiri bisa menilai.

      setiap orang punya hak kemerdekaan untuk ngomong, ketika fansboy ngomong hanya ngejar menang dan secara langsung ataupun tidak ganggu orang lain, bagi saya artikel ini adalah bentuk omongan saya yang ingin membungkam mulut2 mereka agar lebih baik lebih tau diri.
      setiap orang punya jalan dan pilihan masing2, dan saya menghargai itu. kitapun tidak memungkiri, berdamai aguyup rukun lebih indah, mohon maaf kalo ada kata yang nyinggung, terima kasih sudah mampir. salam bikers indonesia! :D

      19 Januari 2013 pukul 11:19 am

      • @pelurus n @adjiest

        ente berdua sama2 benar….
        pelurus mungkin mau meluruskan….
        adjiest sbg penulis hanya mengulas n memang menyentil, nahh yang kena sentil (termasuk gue…., xixi) ambil aja sisi plusnya, krn kalo berprasangka n minus terus gak ada habisnya !
        :-D

        20 Januari 2013 pukul 6:02 am

        • hahaha……..ini beneran qwerty? :D
          unbelieveable, nice bro. ini yang saya harapkan,

          20 Januari 2013 pukul 7:00 am

      • nickname baru “3koplak” ini salah satu dari gerombolan penyebar fitnah, bisa ditelusuri trackrecord komennya diwarung iwanbanaran, n biasanya mengkloning diri dgn banyak nickname ! :-D
        @fitnesser, kan udah gue bilang dikomentar atas kalo gue munafik n anti fitnesser, jadi apa bedanya sama u ?

        “yaa beda dong, gue mumun n kalo u tukang fitness, sama2 syetan tapi level gue siluman yg baik hati n level u tuyul alay….!”
        :-D

        wkwk..

        20 Januari 2013 pukul 7:57 am

        • buat 3koplak tuyul dibawah..
          :-D

          20 Januari 2013 pukul 8:00 am

  7. Oi_Rebel

    ceramahe mantep mas, mendidik ! salam Oi Rebel Lamongan…banjir maneh

    19 Januari 2013 pukul 11:28 am

    • loh, hanya tanggapan umum bro, moga bisa ngasih manfaat. salam silaturahim, salam bikers indonesia :D.
      ane do’ain banjirnya segera surut.

      19 Januari 2013 pukul 11:47 am

  8. Oi_Rebel

    iyo yo bro…bagusnya banjir surut banjir surut, soale ikan di tambak pada lari, jaring ikan truuuuus ! ada kesenangan dalam kesusahan…weleh-weleh

    19 Januari 2013 pukul 11:55 am

    • hahaha, sama kek tempat tanggaku dulu. 2 tambak ikan mas nila hanyut, moga gak banyak yang hilang. itulah esensi hidup, selalu ada pelajaran. kenyataannya juga masih sempet komen. wkwkwk :P

      19 Januari 2013 pukul 12:01 pm

  9. motorisgalau

    menarik….apalagi bagian “….Dalam hal ini pula saya ingin menyuarakan hal yang prinsipil mengenai etika, saling menghargai, semua nilai positif yang tentu pembaca mahfum. Saya dan pembaca yang budiman mungkin kasian dengan mereka (fansboy), cuap2 sampek berdarah-darah gak digaji, lapar gak dikasih makan, haus dibiarkan, nambah dosa, hina sekali mereka. Dan terlebih merendahkan harga diri demi sebuah eksistensi.”

    saya jg ga habis pikir ngapain juga cuap2 ga ada juntrungannya….apa masuk akal dengan begitu mrk mencoba mempengaruhi mindset org lain ttg produk yg dipuja2 tsb? dalam kasus fbh dgn fby misalnya, terus terang dengan membaca komen para alayers ini malah jadi eneg sama produknya juga, jadinya mending pilih produk lain…..(nah lho apa jangan2 mrk itu memang bukan dari kedua produk tsb…xixixixi)

    19 Januari 2013 pukul 12:17 pm

    • pelajaran bagi kita buat lebih menghargai perbedaan, :D

      ini salah satu efeknya, “terus terang dengan membaca komen para alayers ini malah jadi eneg sama produknya juga, jadinya mending pilih produk lain”

      maybe yes, mayben no. “nah lho apa jangan2 mrk itu memang bukan dari kedua produk tsb…xixixixi” hahaha, salam bikers indonesia. :D

      19 Januari 2013 pukul 12:26 pm

  10. Slamet Moelyo Redjo

    Wah komentq walo secuil tertampil

    ħȁћąħȁћąħȁћą `°•.¸¸.•°` `°•.¸¸.•°` `°•.¸¸.•°“°“°•.¸¸.•°
    Kyak baru jadi artis
    Duh senenge

    19 Januari 2013 pukul 1:38 pm

    • hahaha, artis beneran juga boleh. makasih dah ngramein, :D

      19 Januari 2013 pukul 1:48 pm

  11. 3koplak

    kata-kata mutiara untuk qwerty

    orang gila tidak sadar kalo diri nya gila :)

    20 Januari 2013 pukul 5:47 am

    • kita cukupkan, :D

      20 Januari 2013 pukul 7:01 am

    • nickname baru “3koplak” ini salah satu dari gerombolan penyebar fitnah, bisa ditelusuri trackrecord komennya diwarung iwanbanaran, n biasanya mengkloning diri dgn banyak nickname ! :-D
      @3koplak aka fitnesser, kan udah gue bilang dikomentar atas kalo gue munafik n anti fitnesser, jadi apa bedanya sama u ?

      “yaa beda dong, gue mumun n kalo u tukang fitness, sama2 syetan tapi level gue siluman yg baik hati n level u tuyul alay….!”
      :-D

      wkwk..

      20 Januari 2013 pukul 8:01 am

  12. 4ndy

    (•͡˘˛˘ •͡)” hmm ◦°◦ºº‎ ◦°◦ºº… sebuah sentilan untuk para fb alay dan sales… gw setujuh banget!!! Kita tuh cari ilmu & technologi, jadi males baca perdebatan yg di luar konteks dasar… mereka gak bisa bedain antara mutu dan merk kali yah??? Salam super mz bro sekalian… salam kenal yo…… ●๋•нι..нι..нι..●๋•

    20 Januari 2013 pukul 7:58 am

    • salam silaturahim, salam bikers indonesia :D

      20 Januari 2013 pukul 8:24 am

  13. jaos_konsumen biasa

    tks, qwerty. Tentu saja itu bukan saya, gak mungkin saya bacot bodoh semacam itu shg jadi se-level fbh ..

    20 Januari 2013 pukul 9:20 am

    • manusia selalu punya sisi kurang, kalo kita merasa lebih mari gunakan dengan lebih baik. salam bikers indonesia :D

      20 Januari 2013 pukul 9:27 am

      • semoga mereka paham dengan nickname ane yang baru ini !
        :-D

        20 Januari 2013 pukul 2:07 pm

  14. -Blogs of the Year-

    asli mazbro ane salut sama ente, tidak melihat atribut apapun pada pengunjung dan selalu mengingatkan pengunjung untuk berpikir baik !

    ok thx bro sharenya, ane permisi dulu n mau balik ke habitat alam siluman….
    :-D

    20 Januari 2013 pukul 2:15 pm

    • ketinggian bro, sekedar berusaha wujudin persepsi doank.

      20 Januari 2013 pukul 2:38 pm

  15. buat gw si disregard apakah itu kloningan, asli ato palsu.. ada yg model gitu mah di-iya-in aja.. mau dibilang ninja kalah sama bebek 100cc juga gw mah iya2 aja.. hahaha…

    20 Januari 2013 pukul 4:04 pm

    • that’s true, but i have chosen my way. salam bikers indonesia. :D

      20 Januari 2013 pukul 4:12 pm

  16. hgt

    Yup Mas…
    kalo pada komentar ngeri2…
    tp memang benar sih apa yang dikatakan Qwerty, walaupun saya g terlalu suka dengan caranya… Hehe..
    memang masih mendingan komentar di blog2, dari pada yg komentar di situs2 berita semacam detik.com. Komentarnya kasar2, saya sampai heran, kok bisa ga disaring sama adminnya situs tersebut…., saya malah curiga mereka membiarkan.., karena akan menaikan rating situs mereka… Walaupun memfasilitasi orang untuk saling menghujat,….
    semoga dilaknat Allah apabila memang seperti itu…
    berita yg selalu kasar komentar2nya, yg saya tau, berita tentang HP, Bola, Politik, Artis.
    tp coba berita tentang finance, sepi peminat…

    20 Januari 2013 pukul 4:20 pm

    • mainstream kebanyakan manusia indonesia, memperdebatkan suatu hal yang sepele. tulisan ini sedikit sebagai tanggung jawab mengingatkan,
      dimedia apapun, kalo manusia mendewakan nafsunya, jadinya ngomong juga gak terjaga, kembali ke kita sendiri, milih ngomong yang baik atau diam. menyinggung media lagi, hemat saya media korporasi banyak yang hanya mengeksploitasi berita demi mengkapitalisasi profit tanpa secara proporsional dengan mengesampingkan nilai edukasi pada mesyarakat, terkadang juga kontennya gak benar. anda tentu bisa menilai bobot suatu pemberitaan, yang kesannya superfisial dan artifisial.
      syukur saya saat ini dengan berusaha menilai berita secara objektif dan membangun kultur positif masyarakat, salah satunya lewat blog ini. semoga kita bisa memberikan pengaruh positif dari pemkiran kita, salam bikers indonesia. :D

      20 Januari 2013 pukul 4:48 pm

      • 4ndy

        Biasanya kalo yang komentar kayak gitu, TONG KOSONG NYARING BUNYINYA!!! Keliatannya aja kelasnya di expert… tapi ternyata beginer aja belum…. oº°˚˚°º≈нåнåн庰˚˚°º≈º.
        Kalo yg bener2 expert tuh kelihatan dari cara commentnya. (Dari segi bahasa dll)

        21 Januari 2013 pukul 12:22 am

        • ente pengalaman, :D

          21 Januari 2013 pukul 12:32 am

  17. sp2pjatim

    sip bos :)

    21 Januari 2013 pukul 9:34 am

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 328 pengikut lainnya.