faidza'azzamta fatawakkal'alallah

URGENSI ERGONOMI DAN AERODINAMIKA DESAIN KENDARAAN


20111003-posisi_2

Teman-teman mungkin pernah mengalami pegal dalam berkendara, dada sesak, atau nyeri pada bagian tubuh. Sebuah hal yang tidak asing bagi kita sebagai bikers, apalagi setelah melalui perjalanan jauh. urgensi ergonomi dan aerodinamika desain kendaraan, tema ini sengaja saya pilih sebagai sharing wawasan dari disiplin ilmu yang saya dapat 2 tahun lalu, mungkin juga dari rekans sudah khatam tentang hal ini. Akan tetapi tidak masalah jika sedikit saya bahas lagi, untuk merefresh atau nambah wawasan teman-teman.

Sederhananya, ergonomi suatu cabang imu untuk mendesain kenyamanan manusia dalam beraktifitas baik yang menggunakan alat ataupun tidak. Dalam konteks kendaraan bermotor, maka ergonomi digunakan untuk mendesain senyaman mungkin pas kita berkendara. Yang sering kita ketahui mungkin titik segitiga seat kendaraan; pijakan kaki, posisi duduk, dan jarak handle stang dengan tangan.

20130117-verzaTEST-1

Padahal ergonomi aspeknya tidak sebatas itu, penempatan panel motor untuk mudah dilihat, kemudahan pengoperasian tombol aksesori kendaraan, pemasangan spion, penempatan muffler, penambahan behel, semua tadi termasuk bentuk ergonomi. Desain secara umum kendaraan atau motor-pun dapat dikatakan sebagai bentuk ergonomi, tetapi dalam aspek psikologi.

Dalam varian motor bisa ditemui penyesuain yang dilakukan pabrikan, didasarkan dengan karakter manusianya. Sebagai contoh karakter orang eropa yang tinggi gede desain seat motornya juga punya toleransi yang lebih besar dibanding motor buat orang asia. Contoh lagi motor model touring dengan motor balap juga beda ergonominya, touring yang cenderung tegak dan mbaplang dibuat untuk ketahanan tubuh kalo nempuh jarak jauh. Sedang balap dibuat bungkuk agar bisa menyesuaikan dengan kontur motor guna mengurangi gesekan angin.

fenomena modifikasi,

mungkin kita sering liat dijalan bentuk modifikasi ekstrem pada motor. sebagai contoh vespa stang tinggi atau terlalu mbaplang, cafe racer yang gitu nunduk, atau yang lainnya. memang dari segi kepuasan mungkin iya, tapi apakah kita lalu mengorbankan tubuh kita dengan ngrasa pegel tiap habis berkendara, the choice is yours.

Aerodinamika

aerodynamicsuzukihayabusa

terinspirasi dari fenomena teardrop yaitu ilmu yang mempelajari tentang sifat dan karakteristik udara serta gas lainnya dalam keadaan bergerak. Inti dari definisi diatas adalah aliran udara. Dalam desain kendaraan, terutama motor balap, aerodinamika berfungsi untuk membelah udara, mengatur seminimal mungkin bidang singgung motor dengan friksi yang terjadi. Sehingga motor atau mobil didesain sependek atau seramping mungkin untuk mengurangi gesekan angin. Kalau tidak diatur, resistensi udara besar, motor bisa terjadi floating atau ngaber. Kasus terburuk bisa rekans amati pada mobil yang terbalik karena tekanan bawah bemper lebih besar dibanding yang diatasnya. Atau pas kita naik motor bersimpangan dengan bis yang ngebut, aliran udaranya bisa bikin ngaber.

Motor era 90an banyak yang berbentuk oval atau kotak, selain cc kecil juga orientasinya bukan speed seperti sekarang. Berbeda dengan produk sekarang yang hampir semua berbentuk runcing, aspek speed sebagai penunjang mobilitas merupakan branding era pragmatis sekarang ini. Maka jangan kaget missal kita ngebut gak gitu nunduk dan gak pake jaket atau body protector dada terasa “ampek” (nyeri), karena aliran angin yang begitu cepat langsung menerpa kita. Desain motor yang gak berfairing aerodinamiknya sebagian besar diarahin buat efektifitas motor, dan sedikit yang bisa nylametin tubuh kita.

itu guys, kupasan ringan, the choice is yours. mo yang pilih nyaman ya ergonominya diutamain, tapi kalo speed aero-nya yang dipilih. realisasinya mungkin bisa buat pertimbangan bro sekalian kalo mo beli motor baru, buat nambah bahan presentsi juga boleh bagi yang dapet tugas sekolah. Kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT, salam.

*gambar dari berbagai sumber

About these ads

5 responses

  1. adi

    mntab

    20 Januari 2013 pukul 2:23 pm

    • semoga manfaat, :D

      20 Januari 2013 pukul 2:35 pm

  2. Blitz-r

    Sip mas bro! Pengguna hp jadul kena musibah “gprs keyong”! :D

    21 Januari 2013 pukul 12:44 pm

    • sip juga bro, keyong tapi eksis. :D

      21 Januari 2013 pukul 1:06 pm

  3. Thanks buat infonya.. mantaabs…

    14 Juni 2013 pukul 8:17 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 345 pengikut lainnya.