faidza'azzamta fatawakkal'alallah

SEPUTAR OPINI PANGSA VERZA 150,


honda-verza-150-cw-sporty-red-kilau-biru-wp

Siang tadi pas istirahat habis ngajar sempat ngobrol sama temen2 guru di sekolah, yang ternyata cukup interest dengan kemunculan Honda Verza 150. Gak ngira kalo obrolan ringan tadi bisa secara spesifik bahas tentang beberapa opini kemungkinan alasan masyarakat beli motor yang di banderol 16 jutaan tersebut. Murah, motor laki, 150cc, injeksi, jelas menarik.

Pertama, salah satu dari kami mengutarakan bahwa alasan masyarakat membeli motor tadi untuk dimodifikasi. Buat mereka yang doyan modif tapi dana cekak bisa menggunakan verza sebagai bahan ekspresinya. Harga yang relative murah, membuat masyarakat lebih berani ngutak-atik motor tadi dibanding dengan motor lain yang harga di atasnya tapi kelas kubikasi sama, 150cc. alasan lain adalah harga spare part atau variasi yang mungkin juga ekuivalen dengan harga motor yang murah tadi. Mengenai segmentasi, arahannya adalah siswa SMA yang belajar modifikasi, atau pecinta modifikasi ekstrem tapi dengan basic mesin yang sederhana.

honda-megapro-the-red-hunter

Selanjutnya, alasan kenapa beli motor ini adalah buat harian namun buat nyantai dan kenyamanan. Sekedar penunjang mobilitas, missal ngantor. Segmentasinya adalah yang nyari kesan gagah dari handling motor laki namun terjangkau. Missal pegawai kelurahan, guru, wiraswasta. dll. Speed yang dikalim tembus 110 kpj, sudah dirasa cukup memenuhi kebutuhan harian, karena rata2 harian paling motoran kisar 50an kpj saja.

motor_dinas

Alasan yang ketiga adalah buat motor barang, missal yang diperkebunan, pasar, dll. tepatnya mereka nyebut verza sebagai win model baru. Sama2 murah buat ukuran motor laki, irit, yang mindsetnya juga mungkin secara maintenance simple.

20110406StreetShot

Kira2 itu hasil obrolan ringan kami yang gak sampe 20 menitan, sekedar relaksasi. saya sendiri juga hanya kebagian nyebut harga, titel sebagai yang paling muda berusaha hormati yang lebih tua dengan jadi pendengar. Sebagai closing diskus, Salah satu ngomong bahwa verza bakal ngrusak market share NMP. Hanya sekedar opini, mungkin kalian pembaca juga punya opini lain, bisa share bareng. Kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT, salam.

*gambar dari berbagai sumber

About these ads

8 responses

  1. CHM

    Versa belum tentu laku.
    Honda belum tentu menjadi jaminan mutu.
    Masih ingat Legenda, CS1, & Revo AT?

    Segmentasi pasar roda 2 tanah air saat ini menciptakan tantangan besar untuk bermain di segementasi motorsport kisaran 16 – 17 jt-an.
    Saingannnya bukanlah motor India yang (mohon maaf) akan sangat mudah dilibas Honda.
    Saingan utama Versa adalah WTF & Supra 125.
    Dipastikan calon konsumen Versa adalah konsumen yang membutuhkan kuda beban untuk mencari nafkah & kendaraan keluarga.
    Dan itu sudah dipenuhi Supra 125 & WTF.

    Pasar tetap akan ada tapi tidak akan besar mengingat kehandalan power & torsi Supra 125 sudah sangat cukup ditambah dengan keunggulan tanpa kopling yang memudahkan pengendaranya saat membawa beban berlebih (dagangan).
    Di lain pihak kebutuhan keluarga kecil kelas menengah ke bawah akan kendaraaan keluarga untuk membawa anak istri juga sudah dipenuhi oleh WTF dengan bodi bongsornya.
    Lebih nyaman WTF daripada Versa untuk membawa anak istri.

    Saat ini kebutuhan motorsport telah bergeser murni untuk style & performa.
    Indikatornya adalah makin terpuruknya penjualan Tiger & NMP.
    Penerawangan saya, Versa tidak akan laku.
    Silakan di bookmark komen ini

    22 Januari 2013 pukul 10:06 pm

    • nice opini bro, sangat mungkin terjadi. penjelasan ente rasional, but, can you tell me mean of WTF motor? #kepo :D

      22 Januari 2013 pukul 11:09 pm

      • ifumi

        vario Wan Tu Faif (wtf) a.k.a vario techno 125 bro….. tp kayaknya verza lumayan laku deh buat gantiin NMP di kalangan menengah ke bawah, secara performa 11-12 + injeksi + harga murah + shock stereo (lebih enak bawa beban).

        23 Januari 2013 pukul 4:47 am

        • ohh, thanks bro. ane gak gitu tau panggilan motor dari temen2. kemungkinan iya, win jilid 2 :D. salam bikers indonesia

          23 Januari 2013 pukul 5:27 am

    • Tulus Budi

      Sepppp…. Intinya AHM pengen Total Market Penjualan Sport lebih besar dari YIMM …..

      23 Januari 2013 pukul 2:18 am

      • kita lihat apresiasi pasar, :D

        23 Januari 2013 pukul 2:27 am

  2. Usul pada Ngahaem, NMP dirombak jadi turunan CB1000, ban gambot, cc naik 160, injeksi, benturkan pada byson, biar karuan siapa yang benjut.

    22 Januari 2013 pukul 10:47 pm

    • hahaha, sepertinya berat bro.

      22 Januari 2013 pukul 11:11 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 345 pengikut lainnya.